Oleh: sanjisan | Maret 30, 2009

Tulisan Saya Dibajak Lagi! Maunya Apa Sih?


Beberapa minggu yang lalu ketika saya searching menggunakan Copyscape, saya baru tahu kalau ternyata artikel saya dibajak orang lain.

Yang saya maksud dibajak di sini adalah dicopy-paste dan dipublikasikan ulang di websitenya serta diakuinya sebagai tulisannya sendiri. Para pembajak itu mengakuinya sebagai tulisannya sendiri, karena kenyataannya mereka tidak menyebutkan sumbernya.

Artikel saya yang berjudul “Folder Dengan Nama Yang Sama” dibajak oleh blog http://andycyber.co.cc.

the-plagiator1

Artikel lainnya yang berjudul: “Free Domain, Subdomain, URL Redirection” dibajak oleh: http://taarts.blogspot.com juga oleh http://pongel.co.cc.

the-plagiator2

Padahal artikel-artikel tersebut sudah copyrighted semua.

Dan anehnya, mereka mengulangi lagi pembajakannya:
http://www.medanzone.co.cc/2008/10/folder-dengan-nama-yang-sama-captain.html
http://thekookiemonstersjournal.blogspot.com/2009/01/url-domain-subdomain-gratisan.html

http://pongel-mail.blogspot.com/2009/03/free-domain.html

Apa-apaan ini?
Apa yang sebenarnya diinginkan oleh para pembajak ini?
Apakah ini berarti pernyataan “perang”?
Jika anda adalah salah satu dari mereka, hubungi email saya, cedonulfi_at_gmail.com.

Terima kasih buat team BeritaMaya dan #ScriptHelp atas semua dukungannya. Seandainya saja mereka (para pembajak itu) menyebutkan sumbernya, tentu tidak akan jadi masalah bagi saya.

Sanji-san
cedonulfi_at_gmail.com

Responses

  1. Hmm memang agak susah kalo bicara tentang bajak membajak didunia maya….
    Ini menyangkut.. kepedulian dan mental para pembajak siiii…

    Sabar aja…

    Hitung-hitung.. cukup berbangga dooonggg ternyata tulisannya dianggap berbobot.. sampai ada yang berminat untuk mengkopi… he he he

    Sabar ya… ikhlas… Insya Allah dapat ganti berlipat… suuueerrr

  2. @yanti,
    iya, makasih…,
    Gw emang selalu dapat yang terbaik ^_^

  3. Saar saja bro… biarkan saja, tetap produktif menulis :)
    Aku dulu juga suka kesel klu posting blog ku yang lain ku dicopas seenak udelnya tanpa menyebut sumbernya. Tidak ada kata lain selain sabar… Mas :)

  4. @Yep,
    Pembajak2 itu mengulangi pembajakannya krn web2 sebelumnya dah mati.

    Gw sih sabar, tp tmn2 gw yg pd gak sbr pengen nunjukin kebolehannya. Klo mreka mcm2 kan repot jg. Nggak tega lah… ~_~

  5. hehehe…. maaf ne bang…. dunia maya ini penuh dengan pembajak ….. kita harus legowo, klu artikel kita dibajak…. klau mng kagak mau dibajak mending artikel anda dijual ke penerbit atau di lisensikan…. hheheh

  6. MAs Sanji…., sabar aja mas. Tulisan mas memang berbobot…, jadinya dibajak Mas…., keep post ye…

  7. @Gusti Prabu Sonokeling,
    Gpp kq. Kalo artikel “original” tentang cara membuat website (html,php,mysql,css,havascript,dsb) masih dlm proses pembuatan, rencananya mau gw jual di carabikinweb.com. Klo ke penerbit sih, mikir2 dulu…

    @Nurul Alim,
    Iya, tenang aja. Tetep posting lah…

  8. kalo gak mau di bajak ya gak usah nulis :D

  9. @ghopal,
    Orang nggak akan bisa berjalan kalo takut jatuh.

    Masalah antara saya dengan ketiga pembajak di atas sudah selesai, dan cukup memuaskan :)

  10. -dengan pengumuman anda diblog mereka kan sudah terusik hati nuraninya mas.
    -kuncinya ya memang sabar
    -maju terus walau dibajak
    -salam

  11. Becik ketitik olo ketoro bro… Semua nanti pasti akan tahu kualitas anda. Maju teruss…

  12. Yang kutahu, blogger plagiat itu memang begitu mendapatken info bagus dari blogger lain memang tangannya langsung gatel mas, terusken saja menulis, entar dia akan kena batunya juga, kalo kita lawan, apa kita mampu, kalo mampu silaken. Aku sendiri pernah seperti itu dan sudah ku somasi 3 kali, malah semua komeng somasiku di bunuh semua je, yaudah. EGP aja.

  13. Salam kenal,

    Begitu baca gw cuma bisa ikut prihatin, tapi jangan khawatir, karena setau gw hampir setiap mesin pencari (search engine) memiliki kemampuan untuk membedakan mana artikel yang orisinil dan mana yang plagiat. Jadi tetaplah berkarya. Salam damai selalu.

  14. Beberapa posting2 anda juga terjemahan, hasil dari browsing, diterjemahkan, atau saduran dari buku.
    Artikel folder yang sama pernah ada di majalah komputer, misalnya.
    Soal free domain, jiahhhh, keyword and ga masuk di google. Byk yang lebih berkualitas.
    Cosaaranda.com, kenreidy.com, mereka baru blogger.

    Main fair, tulis sumbernya.

    • Saya jarang baca majalah komp, dan blm pernah baca artikel ttg folder yg sama di mjlh2/tabloid2. Ternyata ada yg menuduh saya membajak dari majalah ttt. Baiklah saya jelaskan, biar tidak terjadi fitnah.

      Artikel “folder yg sama” bukan dari majalah komp, melainkan dari mIRC script. Awalnya adalah script untuk membuat Fake #channel, ini scriptnya:
      //j $+(#demak,$chr(160))
      //j $+(#demak,$chr(160),$chr(160))
      //j $+(#demak,$chr(160),$chr(160),$chr(160))
      dst…
      Ini adalah scripts untuk membuat #channel palsu pada mIRC (Allnetwork).
      Dan sudah bukan rahasia kalo $chr(160) = ALT+0160.

      Lalu jika saya mendapat ide dari situ untuk membuat file/folder palsu, dan mempostingnya setelah punya blog, apakah itu berarti saya sudah membajak tulisan dari majalah komputer? Hanya karena ada artikel ttg folder tsb?

      Mengenai free domain, kenapa nggak bilang itu bajakan juga?

      Nah, begini saja, kalau anda tidak suka, ya… sebaiknya jangan membuka situs ini, gampang kan? Begitu aja koq repot :)

  15. Memang kreativas or ide itu mahal dan harus dihargai… setuju silakan aja mengcopypaste tulisan org lain.. asal sebutin sumbernya.. apalagi tulisan yg bersifat opini..

    Klu ada bloger yg kerjaannya melulu mengcopypaste (tanpa nyebutin sumber) itu ciri-ciri lagi mandeg idenya… Tapi liat aja dari sisi positivenya, berarti tulisan anda layak dapat bintang.. bagi bloger tsb untuk di share kemana-mana…..

    Salam Kenal

    Salam Hangat

    C.U

  16. Salam kenal….Kak Sanji
    saya melinda-we have the same case loh…..

    Kak sanji…dengan belum da rules yang autentik di dunia maya ini………….tentang plagiat intelektual….atau pembajakan tulisan…….bahkan seperti download….or copy paste (masih bisa dikategorikan pembajakan)…….menjadi hal biasa dari dunia maya….
    hal itu juga sering terjadi pada tulisan saya… especially yang di scribd,…. ya meskipun tulisan saya tidak sesempurna dr yang kakak buat..(hehehe jd malu…)….tapi dengan banyak yang menyadur/merujuk atau mendownload kemudian hanya copy paste…without sebutkan nara sumbernya…..jujur kadang buat jengkel dan kesal atau kecewa…
    Tapi itulah “resiko” dunia maya…..ini…..

    So I think, lbh baek menyikapinya dengan “be positive thinking”….paling tidak dengan begitu…”kak sanji bisa bangga….cause pastinya hanya tulisan yang berkualitaslah yang akan dibajak….Ya kan…..^.^”.
    At least we can share knowledge to others(pahala loh…^.^)… and it makes us have a high-actualization. According to Abraham H. Maslow, actualization is the highest of hierarchy human needs….

    with the existence of this case will make us aware of the high and the value of an idea or a thought ….(so keep spirit Kak…^.^)
    and we are more prudent and respectful at article written by someone else …. (have to…)

    Keep Smile, keep the spirit!! ….because your article, I know more important things other.
    Thanks ya……Ciayou!!!!^.^

    with smile-melinda

  17. yang penting keep posting blog gan…, kan klo plagiat jika ada pengunjung yang bertanya tidak bisa apa2… nanti juga pada kesel pengunjungnya….

    salam kenal gan…

    ;-)

  18. sabar subur, gak sabar ndang dikubur… tetap semangat…

  19. Salam Kenal Mas Sanji,

    saya terlambat melihat web ini, karna saya sudah tertipu oleh SMART MACHINE SYSTEN V 2.O VINAL yang mana kata2nya sama yang mas jelaskan. saya sangat amat menyesal mengikuti program ini. Tapi saya berharap , sayalah yang terakhir dalam penipuan ini. dan semoga ini semua jadi pelajaran bagi kita yang tlah terlanjur ikut dalam program ini. semoga mereka dapat ganjaran yang setimpal. dan mereka bisa kembali ke jalan yang benar. Yaitu jalan yang diridhoi oleh Allah SWT. Amin.

  20. kuatkan hatimu mas… dan semangat selalu dengan ide ide kreatif mu…


Berikan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 201 pengikut lainnya.

