Oleh: sanjisan | Mei 22, 2009

Auto Dubbing Software


Jika aku mengucapkan “ohayo” menggunakan mikrofon yang terhubung ke komputer, maka suara yang keluar (melalui speaker) adalah “selamat pagi“.
Jika aku menonton film anime berbahasa Jepang, maka suara-suara dari film itu otomatis berubah menjadi Bahasa Indonesia.

Perkenalkan, nama program ini adalah “Auto Dubbing Software” (ADS).
ADS merupakan gabungan dari:

1. Voice Recognition

Voice Recognition digunakan untuk mendeteksi suara yang masuk ke dalam komputer (melalui mikrofon), agar komputer dapat memberikan respon terhadapnya.

Pada kesempatan ini, Voice Recognition digunakan untuk mengubah suara menjadi teks. Suara yang masuk ke komputer atau suara (film, lagu, dll) yang sedang dijalankan di komputer, akan diubah menjadi teks. Suaraku, yaitu “ohayo“, diubah menjadi teks/tulisan “ohayou“.

2. Translate System

Kata-kataku “ohayou” (yang sudah dalam bentuk teks), sekarang ditranslate dari bahasa jepang ke bahasa indonesia, sehingga menjadi: “selamat pagi“.

3. Text To Speech (TTS)

TTS digunakan untuk mengubah teks menjadi suara. Teks/tulisan akan dipecah-pecah per suku kata, lalu di-replace menjadi suara. Jadi, teks “selamat pagi” dipecah-pecahnya menjadi: “se“, “la“, “mat“, “(spasi)“, “pa“, “gi“. Lalu tiap-tiap suku kata ini direplace menjadi suara. Hasilnya adalah suara: “se“, “la“, “mat“, “(diam-sebentar)“, “pa“, “gi“.

Ya, hasilnya adalah “selamat pagi” dalam bentuk suara. Ini adalah versi TTS yang sederhana dan paling mudah. Versi TTS (Indonesia) yang lebih lengkap bisa anda lihat di sini.

4. Voice Changer

Voice Changer digunakan untuk mengubah suara. Di sini akan digunakan untuk membuat jenis-jenis suara yang berbeda-beda, tergantung dari jenis suara yang dideteksi oleh Voice Recognition. Maka dengan adanya Voice Changer ini, suara yang dihasilkan oleh ADS tidak hanya satu macam saja.

Nah, apakah anda tertarik dengan software seperti ADS ini?

Sekarang, software seperti ADS ini sudah sangat banyak, diantaranya adalah Voice Translator, Google Speech-to-Speech Translation for Android, ECTACO iTranslate Voice Translator, Talking Translator Pro, UT-203 Voice Translator, VT Speech recognition software, dll.

Jika komputer anda online dan menggunakan Microsoft Windows dengan Speech Recognition, mungkin anda bisa mendownload dan mencoba software yang satu ini.

Atau ingin bikin softwarenya sendiri?
Ternyata, pembuatan database untuk translator (internal) dan database suara untuk TTS membutuhkan waktu yang tidak sedikit, karena harus ada penguasaan bahasa dan harus mengerti perbedaan logat antar bahasa, membuat perbedaan suara berdasarkan ekspresi (seperti: marah, sedih, teriak, berbisik, bertanya), dan semacamnya.

Dan saya sendiri belum punya cukup waktu mencoba membuatnya. Kalo cuma mengedit-edit yang sudah ada kan nggak keren. Mungkin, memang harus dibuat oleh sebuah tim :)

Sanji
Founder of #Demak @allnetwork
http://sanjiscripts.com


Responses

  1. hi hi hi..
    Katiwasan baca serius… mau tahu lebih dalam.. ternyata masih dalam angan-angan…

  2. Iya,
    tadi sempat cari2 di internet ternyata ada yg sudah bikin, nama programnya “Voice Translator”:
    http://voice-translator.com/

    Dia menggabungkan Speech Recognition yang sudah ada pada Windows (Vista), dan menggunakan translator online (Google, Babelfish & FreeTranslation), juga TTS engine yang sudah ada pada Windows XP/Vista.

    Tapi kayaknya buatan orang bule nggak bisa ngucapin huruf “R”.

  3. Kalo ngomong yg bener om.. Sialanlu.. Udah baca serius lagi..

  4. dibikin project open source aja bro

  5. Ada link bwt DL ADS?

  6. Hi, I uncovered your blog site via Bing while researching for 1st aid for a heart attack and your post seems to be quite helpful for me. My kind regards, Lizzie.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: