Oleh: sanjisan | Juli 7, 2009

Tulisanku Dibajak, Padahal Ngawur :)


Saya pernah menulis artikel di Berita Maya pada tanggal 7 April 2009, jam 2:50 pagi, judulnya “Rahasia Sulap Berjalan Di Atas Air“.

Artikel tersebut juga tersimpan di:
http://blog-indonesia.com/blog-archive-7808-286.html

Pernah juga disimpan oleh temen2 di sini:
http://www.lintasberita.com/Sains/Rahasia_Sulap_-_Berjalan_Di_Atas_Air
http://shocking-aneh.infogue.com/rahasia_sulap_berjalan_di_atas_air
http://segenggam-daun.blogspot.com/2009/06/rahasia-sulap-limbad-digilas-kendaraan.html

Tujuan saya menulis artikel itu adalah untuk meruntuhkan pola-pikir orang-orang yang meyakini bahwa  pesulap adalah penyihir yang bekerja sama dengan jin/setan. Capek kalo harus berdebat satu-satu dengan mereka.

Meski artikel itu banyak kata-kata ngawurnya, ternyata ada juga yang membajaknya. Terus terang, saya juga senang, karena mereka (para pembajak itu) telah berjasa menyampaikan kata-kata saya di situs masing-masing, sehingga banyak orang percaya bahwa “sulap hanyalah trik“, sesuai tujuan saya.

Inilah situs-situs yang telah membajak artikel tersebut:
(dibajak = dicopy-paste tanpa menyebutkan sumbernya)

http://catuas.jw.lt/sulap/mentalis/24

http://f3bry.blogspot.com/2009/06/rahasia-sulap-berjalan-diatas-air.html
Thank’s to : http://catuas.jw.lt (dia pikir ini sumber aslinya)
Hah???

http://bukucatatan-part1.blogspot.com/2009/04/rahasia-sulap-berjalan-di-atas-air.html

http://akzerikho.wordpress.com/rahasia-sulap-berjalan-di-atas-air/
Lihat karakter tulisan asli dia di halaman http://akzerikho.wordpress.com/life-is-a-question/
“…belum terlalu di kenal oleh masyarakat indonesia.” (akhir paragraf ke 6), awalan “di” dia pisah dengan “kata kerja“. Berbeda dengan karakter tulisan saya, awalan “di” tidak pernah saya pisah dengan “kata kerja“.
Lihatlah juga gambar yang ada tulisan beritamaya-nya di artikel bajakannya yang lain: http://akzerikho.wordpress.com/rahasia-sulapmenembus-kaca/

http://eric-musik.blogspot.com/2009/06/trik-rahasia-sulap-berjalan-di-atas-air_18.html
Situsnya dikasih aneh2, nggak Fast & Easy!
Katanya sumbernya: http://akzerikho.wordpress.com/rahasia-sulap-berjalan-di-atas-air/
Hah??

http://www.hadi-exo.co.cc/2009/06/rahasia-sulap-berjalan-di-atas-air.html
Sumber link: http://akzerikho.wordpress.com/rahasia-sulap-berjalan-di-atas-air/
Hah???

http://www.rikho.co.cc/2009/05/rahasia-sulap-berjalan-di-atas-air.html

http://ruqyah-online.blogspot.com/2009/06/rahasi-sulap-berjalan-diatas-air-dedy.html

http://gratisz.blogspot.com/2009/06/rahasia-sulap-berjalan-di-atas-air.html

http://forum.nusa.net.id/showthread.php?t=53849
Klik tombol “show”.

Inilah artikel “ngawur” yang telah mereka bajak:
(yang warnanya merah)

Perhatikanlah setiap langkahnya, ia selalu mengambil jarak yang sama. Ini karena ada sesuatu di bawah kakinya. Itulah Plexiglass, yaitu jenis kaca yang tidak terlihat jika berada dalam air.

Inilah ngawur pertamaku. Sebenarnya, berjalan dengan jarak yang tidak sama pun bisa dilakukan oleh si pesulap. Hanya saja, dia selalu berhati-hati dalam melangkah.

Di kolam renang tersebut dipasang belasan plexiglass yang ditata secara terpisah, dan membentuk seperti garis-garis rel kereta api. Jarak antara tiap plexiglass adalah sama, yaitu beberapa puluh centi meter.

Kengawuranku yang ke dua. Dari mana saya tahu jumlah belasan itu? Bagaimana saya tahu susunannya membentuk seperti rel dengan jarak masing-masing puluhan centi meter? Sebenarnya itu hanya mengira-ngira dan asal ketik aja, hehehe ;)

Kamera khusus yang dipegangnya itulah yang dapat mendeteksi keberadaan plexiglass, sehingga dia dapat menggunakannya untuk melihat di bagian mana saja plexiglass berada (yang akan dia jadikan pijakan).

Yang ini dapat bocoran dari Youtube, tapi bukan oleh pesulap bertopeng. Analisa dia juga ngawur.

Wanita yang terlihat berenang di bawahnya itu adalah rekaman yang dibuat sebelum pertunjukan sebenarnya, dan Chris menggantung dari atas dan pura-pura berjalan. Tentu saja tubuhnya yang bagian atas tidak diperlihatkan.

Kengawuran yang ke tiga. Karena belum menemukan triknya, jadi saya asal-asalan mengatakan kalau itu adalah rekaman sebelum pertunjukan. Ternyata banyak yang percaya, ehm-ehm.., yang copy-paste berarti percaya dong :)

Wanita itu adalah seorang aktris bayaran, rekan Chris. Perhatikanlah bagaimana wanita itu berhati-hati menghindari plexiglass. Dan mereka yang berada di kolam renang itu juga merupakan tokoh bayaran semua.

Iya, yang (nyemplung) di air itu memang tokoh bayaran semua. Tapi apa yang nonton juga? Saya rasa tidak! Karena plexiglass itu jika berada dalam air, tidak mungkin terlihat oleh mata telanjang. Jadi? Bukankah efeknya akan lebih luar biasa jika penontonnya asli?

Magic doesn’t exist. Only tricks!

Ngawur lagi nih. Dulu saya kira yang disebut “magic” itu hanyalah sulap, karena setahu saya para pesulap itu disebut “magician”.
Ternyata di Google Translate, kata “magic” diartikan: sihir, sakti, gaib, guna-guna, sulap, dll. Baca juga Definisi Sihir Menurut Bahasa dan Menurut Syari’at di: http://www.almanhaj.or.id/content/770/slash/0

Kalo yang dimaksud dengan “magic” adalah sihir, maka saya yakin 100% bahwa sihir (as-Sihr) itu memang ADA!
Tapi kalo pesulap itu disebut-sebut sebagai penyihir yang bekerja sama dengan jin/setan, saya TIDAK PERCAYA 100%. Karena yang mereka lakukan itu hanyalah trik!

Insya-Allah, saya akan membuat e-book yang membantah buku “Dialog Dengan Jin Muslim“, khusus pada bab tentang David Copperfield, yang katanya melakukan kontrak/kerjasama dengan makhluk setan dari jenis jin, anak buah iblis.

Sebagian trik DC sudah saya tulis di blog Berita Maya, pada kategori “Rahasia Sulap”. Itulah hebatnya DC, “jin” pun bisa ketipu oleh triknya :))

Artikel saya di Berita Maya sudah saya UPDATE, silahkan lihat di http://beritamaya.wordpress.com/2009/04/07/rahasia-sulap-berjalan-di-atas-air/
Itulah rahasia sulap “Berjalan di atas air” yang sesungguhnya, bukan ngawur-ngawuran ^_^

Sayang sekali, karena artikel saya yang dahulu hanya ngawur-ngawuran. Jadi, para pembajak itulah yang sekarang kelihatan ngawur, karena mereka tidak menyebutkan sumbernya :)

Sebagai tambahan, berikut ini saya sertakan dua contoh blogger sejati, yang unik, kreatif dan tulisannya original (bukan bajakan), yang juga menulis tentang rahasia sulap tersebut:

Keyno Rizka
http://ngacir.com/rahasia-dan-trik-sulap-berjalan-di-atas-air/

Andri Irawan
http://15menit.net/rahasia-sulap-berjalan-diatas-air.html

Oh ya, jika ada sulap yang ingin anda ketahui rahasianya, silahkan request di sini, saya dan teman-teman di sini akan mencoba mencarikannya dari koleksi buku/DVD/VCD kami, atau dari file2/video dalam komputer kami, atau mungkin mencari/menanyakannya di situs sekolah sulap online :)

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi kita semua,

Sanji
https://sanjisan.wordpress.com


Responses

  1. Punten
    Mas.. kok saya kurang sreg dengan kata “bajak” ya.. (walaupun memang demikian) mungkin jika boleh “diperhalus” menjadi dipopulerkan… bagaimana? kesannya jadi positif.. dan anda adalah orang hebat, telah lebih populer… bukan orang yang menderita karena dibajak..

    (ah.. ini memang hanya bahasa.. tetapi “katanya” punya kekuatan pada mindset.. siapa tahu.. memang takdir anda.. menjadi manusia populer.. ya toh??) Punten…

  2. @yanti,
    Ini hanya semacam Kode Etik blogger, misalnya:
    # Jujur (Tidak melakukan plagiat; Menampilkan sumber informasinya; Tidak menyesatkan (manipulasi); Tidak menyebarluaskan informasi yang diyakini atau diketahui tidak benar; Membedakan advokasi, pendapat/komentar dan informasi/fakta). dst…
    http://umukamilah.wordpress.com/2009/07/07/apakah-para-blogger-sudah-tahu/

    Tanpa menyebutkan sumber kan berarti juga mengakui karya orang lain sebagai karyanya sendiri.

    Memang terasa agak kritis, tapi maksud saya adalah agar mereka:
    -tidak hanya sekedar bisa copy-paste,
    -lebih teliti dalam mengambil informasi,
    -bisa menuliskan apa yang ingin disampaikannya,
    -memunculkan keunikan dan ciri khas dirinya,
    -menguasai apa yang ditulisnya,
    -bertanggung-jawab terhadap tulisannya,
    -tidak asal: “yang penting rame” (ngikuti trend),
    -setidaknya, gunakan “bahasa” sendiri,
    -jadilah diri sendiri, jangan mau menjadi seperti yang diinginkan orang lain.

    Saya minta maaf, jika memang ada yang tersinggung.

    どうも ありがとう ございました、
    (thank you very much),

    Sanji

  3. Dear my friends sanji,
    Dalam hal ini tipis sekali perbedaan antara seorang plagiator dan seorang yg comot sana dan sini dan dibumbui oleh sedikit pendapat pribadi dan meng-claimnya sebagai sesuatu yg original.
    Dalam hal ini saya merasa segala sesuatunya merujuk ke-sesuatu referensi, tinggal masalah waktu aja siapa yg me-realease hal tersebut terlebih dahulu ke public dan itulah yg dikatakan orang sebagai sesuatu yg “original” namun tidak original.
    Jgn terjebak oleh idiom-idiom spt itu my friend, teruslah menulis tdk perlu memusingkan hal tsb.. ‘N biar dunia tentukan pilihan (slank says).

    Best regrads
    “The newbie”

  4. setubuh…
    eh… SETUJU…

    trik sulap kartu donk…
    klo ada sekalian kirim ke email ku
    ipanksay@yahoo.co.id

  5. Walah…tulisanmu dibajak lagi, sering banget kayaknya ya ?
    Sebenarnya apa susahnya mereka menyebut sumbernya ya ? :)

  6. mungkin mereka dapet e-mail kalee…
    trus dari email tadi gak ada sumbernya…..
    husnudzon aja dulu.
    mudah2an tulisan tersebut bermanfaat.
    salam

  7. semoga bisa bermanfaat, bagi yang lain.
    diluar sana banyak yang tulisannya dibajak..

  8. Kasihan sekali kamu mas tulisan kamu dibajak itu berarti orang itu sudah mentok pikirannya, semoga mas menjadi penulis yang hebat

  9. gpp.. pada akhirnya tjuan menulis jadi lebih meluas kan dampaknya. agar orang memahami sulap itu sebagai kreatifitas bukan bantuan jin.
    kebetulan kami sekeluarga seneng liat acara agicshow. anak saya kamilah biasa menebak trik nya walau kadang ngasal dan dipaksakan, sesuai wawasan anak-anak yang dimilikinya. kamilah juga sudah pernah performance sudoku di sebuah panggung. lumayan… meski usianya baru jalan 9 tahun. kadang mereka (kamilah dan adiknya) praktek sendiri uang tembus gelas… kan sederhana banget, atau aksi terbang dengan tertutup handuk di bagian kaki… hehe.. lucu..

  10. I like ur blog! Boleh tau rahasia mindahin kuning telor DC? Gimana cara deteksi telur dengan 2 kuning telur? ;)

  11. Prihatin juga dgn mental banyak orang yang ingin meraih kepopuleran dgn cepat dgn cara mencatut karya org lain tanpa menyebutkan asal tulisannya.
    Pada akhirnya, hanya orang yang benar2 jujur dlm menulis yg akan ‘selamat dan langgeng’ di dunia tulis-menulis. Yang ikut2an trend hanya akan muncul dan menghilang.
    Jangan patah semangat, ya. Keep writing!

  12. saya ikut prihatin adnya pembajakan tulisan. kepada para pembajak(?).yu mari kita belajar menulis jauhi aktifitas flagiat. Kalau terpaksa copy paste minta ijin dulu kepada penulisnya atau sertakan sumber tulisannya. oke mari kita belajar menulis dari sekarang.

  13. Request mas ya
    ttg DC, bantahan Dialig dengan Jin Muslim dan sulap atau apa aja yg berbau mistik gitu..

    Salam dari Makassar
    sukses buat Anda
    Blog anda TOP..

  14. mungkin yg ngebajak gk ada waktu x utk menulis jadi cari yg cepat aja…kalo masalah ke originalan tulisan, pasti ketahuan lah siapa yg menulis dan posting pertama x..salam newbie http://belajar-hukum.co.cc

  15. janji deh ga copas lagi
    hahahhahahahaa

    jangan gtu mas
    biarin orang berkarya walaupun mengambil dari
    punya orang

    soalnya banyka banget yg tukang copas
    hehhehehehehehe
    maf sebelumnya di bilang tukang


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: