Oleh: sanjisan | Maret 5, 2009

Mengatasi Website Plagiator: Jika Seseorang Membajak Tulisan Anda


Apa yang akan anda lakukan jika seseorang meng-copy-paste artikel dari blog atau website anda tanpa izin?

Mungkin tidak jadi masalah jika si tukang copy-paste itu menyebutkan sumbernya, yaitu nama & situs anda. Bagaimana jika tidak?
Jika dia tidak menyebutkan sumber pengambilannya, sehingga seolah-olah artikel itu adalah karyanya sendiri, berarti dia telah “mengibarkan bendera perang” terhadap anda. Mau dilanjutkan?

Bagaimana mencari tahu bahwa seseorang telah membajak artikel anda?

Cari satu atau beberapa kalimat yang unik dari artikel anda yang (kira-kira) tidak ada pada artikel orang lain. Gunakan kalimat unik tersebut untuk melakukan pencarian (searching) di Google Blog Search dan Yahoo Search.

Anda juga bisa melakukan pencarian melalui http://copyscape.com dengan memasukkan URL dari artikel anda.

Jika anda menemukan website plagiator yang telah membajak artikel anda, bagaimana cara menghilangkan atau memberhentikannya?

Cara paling cepat adalah dengan menghubungi si plagiator tersebut untuk menghapus artikel dari situsnya. Anda dapat menghubunginya melalui email (yang biasanya terdapat di web/blognya) atau melalui komentar pada web tersebut.

Jika dia menolak atau tidak menanggapinya?

Anda dapat melakukan complain ke pihak web hosting. Gunakan whois.net untuk mencari nama perusahaan web hostingnya. Sebagian besar perusahaan web hosting menganggap serius persoalan ini dan akan segera merespon complaint.

Kunjungi website perusahaan hosting tersebut, buka halaman “Contact Us”, anda akan menemukan alamat email atau kotak form, kirimkan complaint anda secara formal.

Jika plagiator menggunakan blogger/blogspot, anda dapat melakukan complain di sini: http://help.blogger.com/?page=troubleshooter.cs&problem=&contact_type=main_tos&Submit=Submit

Jika plagiator menggunakan blog wordpress, anda dapat melakukan complain di sini: http://en.wordpress.com/report-spam/
atau menghubungi email ini: support@wordpress.com

Jika plagiator menggunakan domain gratis co.cc, silahkan whois websitenya di: http://www.co.cc/whois/whois.php lalu klik Report Abuse atau melalui halaman ini: http://www.co.cc/prosecution/prosecution.php

Bagaimana menulis complaint?

Inilah bagian paling sulit. Anda harus dapat membuktikan bahwa anda adalah pemilik sebenarnya (original owner) dari artikel tersebut, kirimkan sebanyak mungkin bukti.

Berikut ini adalah beberapa contoh bukti:

– Jika artikel anda pernah tersimpan di http://www.archive.org, gunakan itu sebagai barang bukti.
– Berikan link dari Google Cache untuk membuktikan bahwa Google spiders menemukan artikel anda lebih dahulu.
– Jika gambar dari artikel anda ikut tercopy di artikel plagiator dan URL gambar itu menunjukkan blog anda (misalnya:
https://sanjisan.files.wordpress.com/2009/02/spam001.jpg), maka ini adalah bukti yang sangat penting.

Jika langkah di atas masih tidak berhasil, selanjutnya…

Perintahkan Search Engines untuk menghapus Website Plagiator tersebut dari index search-nya.

Google, Yahoo, dan search engine lainnya menerima complaint dari user untuk menghapus dari “search listing”-nya terhadap situs yang melakukan pelanggaran hak cipta.

Sekali saja websitenya hilang dari search engine, maka trafficnya akan turun drastis, semoga saja motivasinya untuk membajak juga runtuh.

Masih juga tidak berhasil?

Jika situs tersebut mempunyai iklan/banner (misalnya Google Adsense), maka pekerjaan anda lebih mudah. Segera lakukan complain ke pihak pemasang iklan (Advertisers), iklan akan dicabut/dihentikan dari situsnya.

Semua langkah di atas tidak berhasil?

Bisa jadi, semua artikel di website plagiator tersebut adalah hasil copy-paste semua, dan bukan karyanya sendiri.

Jika anda berkenan, kirimkan complaint (keluhan) anda di http://beritamaya.wordpress.com/kirim-keluhan/ untuk dimasukkan sebagai berita :)

Meskipun BeritaMaya hanya mempunyai sekitar 600 pembaca setiap hari, tapi siapa tahu ada yang tersentuh emosinya untuk membantu anda “memberi pelajaran” pada si pembajak tersebut.

Hack website plagiator tersebut, obrak-abrik isinya, dan lenyapkan semua database-nya, beresss!!!
Air tuba dibalas dengan air danau tuba, rasain tuh, sambil tenggelam minum air.

Original Content by Sanji
https://sanjisan.wordpress.com


Tanggapan

  1. Hallo, …
    Terima kasih untuk tulisan anda ini, … terima kasih juga untuk komentar anda di website saya. Nampaknya saya akan melakukan apa yang anda sarankan.
    Salam.

  2. uih.. :D

  3. Nice post …friend
    Ya memang kadang mengesalkan klu tulisan yang kita buat capek2 di copas dengan blog lain, yang lebih ngeselin lagi blog gue yang lain kayaknya masuk sand box ( gitu ya istilahnya), jadi hiolang dari halaman depan google, eh…yg banyak muncul tulisanku yang dicopas friend….
    Mungkin ada saran ? :)

    Salam kenal

  4. Cool…
    But bro, gw mau nanya. Namanya penjahat bisa aja khan “maling teriak maling”. Gimana kalau kita yang punya article disangka paste dari orang lain, Trus nih orang berusaha menghilangkan situs/blog kita dari jajaran google index dengan cara2 di atas.
    Yah namanya bisnis, saling sikut dan saling menjatuhkan itukan biasa. Itulah yang jadi pikiran gw bro. Di internet banyak yg bisnis ga sehat.
    Gw blum test cara2 di atas, tp kayanya cara2 tsb berlaku jg buat para penjahat.

  5. @Yep, @mike,
    Sebelum memposting artikel, cobalah ini:

    1. Register dan upload artikel (doc/pdf) di http://docs.google.com

    2. Upload juga ke http://archive.org

    3. Daftarkan copyright di http://www.myfreecopyright.com

    4. Lebih bagus lagi jika website kita ada Google Analytics-nya.

    Inilah barang bukti jika terjadi plagiarisme. Google pasti tahu mana yg lebih duluan masuk SearchList-nya.

    “There is only one truth!”

  6. Sulit… membajak cukup 1 menit, komplainya bisa berhari-hari.

  7. ada oktavita.com, http://www.topikala.com,www.leenbeurs.com,friendster.oktavita.com, dan banyak yang mengcopy paste tulisan saya tanpa ijin ….harus kemana complainnya?

  8. @kabblitar,
    Nggak juga koq. Kemarin2 saya sempat komplain ke team abuse co.cc, dan 4 web plagiator (yg pakai domain gratis co.cc) itu dinon-aktifkan semua dalam waktu kurang dari 1 jam.

    @riri aan,
    Paling bagus complain ke pihak web hosting atau pihak yang memberikan layanan domain pada website plagiator tersebut. Yang penting, harus bisa membuktikan diri anda sebagai penulis aslinya.

  9. Nice post n lam kenal

  10. Saya pernah denger katanya ada script yg bisa copas otomatis dari blog kita. Bener gak sih?

  11. @Nurdiana Atmanagara,
    Sudah ada atau tidaknya saya belum tahu, tapi seharusnya memang bisa, misalnya menggunakan fungsi file_get_contents() pada PHP.
    http://id.php.net/file_get_contents

    Tinggal tambahkan perintah2 untuk mengecek update-an blog tsb, dst…

    Untuk melakukannya secara otomatis, kita bisa menggunakan Cron Jobs. http://en.wikipedia.org/wiki/Cron

    Thanks.

  12. mau bertanya bang…cara menambahkan fasilutas lain ke blog ( wordpress ) contoh . about me, my profile, dll. terimakasih

  13. @ginta,
    Kalo mau nambah halaman, klik aja menu “Page” (halaman) lalu klik Add New, atau melalui URL seperti ini: http://namaweb.com/wp-admin/page-new.php
    (ganti namaweb.com dengan web kamu).

    Setelah itu, isilah dengan content apa saja dan klik Publish.

  14. Kayaknya para plagiat tidak bisa lagi dibendung. semua ada dimana-mana. pusing…! entah itu para blogger, penyanyi, band, bahkan negara. ampun deh..

    Aku punya triknya untuk menjebak para plagiator

    MAU?

  15. 以前に私はあなたに感謝、私はあなたを書面では、私は自分のブログに書く必要があります興味があります。

  16. makasih Mas Ilmunya…

  17. Ehm,lengkap banget tulisannya mas sanji. Saya trmasuk yg khwtr tulisan saya dibajak. Kadang masih ragu untuk blog saya.

  18. nais info mas, izin bukmark dulu, bmw boleh copas artikel ni ga?hehehe…

  19. mantap artikelnya .thanks

  20. kk,aku mau minta tolong donk.seandainya kk tau tolong bantu.
    aku dah coba di alamt web copysentry.ternyata aku tergolong plagiat juga.hehe
    sebenarnya bukan c.dulu waktu blog aku belum stabil,aku sering ganti’ domain.dan memposting artikel dari domain sebelumnya.yang ternyata ertikel itu sudah terindeks.jadi halamn yang aku postingan di domain baru ni dianggap plagiat dari alamat domain sebelumnya yang ternyata itu milikku juga.

    pertanyaanya,bisa ga ka menghapus artikel yang terlah terindeks.padahal domain aku yang lama dah nonaktif.tapi masih sering di temukan di SEO.ketika di klik gabisa dibuka.
    mohon pencerahnnya sob

    • Kalo artikelnya terindex di Google atau Yahoo, maka artikel2 tsb hanya disimpan (di cache) selama 3 bulan, setelah itu artikel akan terhapus otomatis.

      Tapi jika web/artikel tsb telah dijelajahi oleh crawl internet archive/Wayback Machine (archive.org) milik alexa, maka ia akan tersimpan “selamanya” di archive.org. Di menu help/faq ada cara menghapusnya.

  21. Aku dulu pernah punya web, baru 1 bulan jalan dah banyak comment2 yg super aneh, sampai comment yg memuat content2 dari link yang jorki. Akhirnya jadi perang comment deh. Lama kelamaan secara tiba2, webku berubah, dari tampilannta dan contentnya, dibajak habis. Untungnya web pembajak contennya tentang pendidikan, tapi tetap aja judulnya maling. Bagaimana cara memproteksi web kita biar gak dibajak lagi ya?

  22. […] Balas […]

  23. thx, mas sanji infonya…..klo yg dibajak itu linknya gimana mas ngatasinnya????

  24. mantaaaapp…

    mas sanjisan, ijin kopi pes dunk… :)

    thanks ya..

  25. thanks mas sanji isi blognya sangat membantu

  26. wah betul juga,
    saya minta izin untuk mengutip postingnya ya?


Tinggalkan komentar

Kategori