Oleh: sanjisan | Maret 14, 2009

Kelemahan Sistem Reseller Pada Bisnis Online


Pengertian reseller yang saya maksud adalah seseorang yang mempromosikan produk dari website tertentu dan mendapatkan komisi (biasanya sekitar 50%) dari harga produk tersebut. Reseller Program merupakan cara memperoleh penghasilan tanpa memiliki produk sendiri.

Kalau dalam beberapa situs bisnis online di Indonesia, setiap member berhak mengikuti sistem reseller. Reseller program hanya digunakan sebagai tambahan saja dan jarang dijadikan sebagai produk utama.

Contoh cara kerjanya adalah sebagai berikut:

Ada sebuah website yang menjual ebook bisnis seharga 100 ribu, misalnya: http://www.caramenjaditrilyuner.com
(ini hanya contoh)

Saya memesan (membeli) ebook tersebut, maka secara otomatis saya menjadi membernya dan berhak mengikuti program resellernya. Untuk mengikuti program reseller, saya harus mengisi data rekening (nama Bank, cabang, normor rekening) di halaman reseller/member.

Sebagai reseller, saya mendapatkan URL (alamat website) khusus, yaitu: http://www.caramenjaditrilyuner.com?id=sanji

URL khusus inilah yang saya gunakan untuk promosi, entah itu di situs-situs iklan baris, forum, milis, dsb. Jika ada orang yang membeli melalui URL tersebut, maka dia membayar 50% ke rekening pemilik situs dan 50% ke rekening saya.

Saya hanya mendapatkan komisi jika pembeli itu membeli melalui URL saya, yaitu yang disertai: ?id=sanji.

Contoh-contoh iklan reseller:

sanjisan_iklan_bikinduit

sanjisan_iklan_uangpanas

Kelemahan Sistem Reseller seperti ini adalah:

1. Yang Diingat Pengunjung adalah Namawebsite.com

Jika ada orang yang tertarik dengan iklan yang saya promosikan, kemudian mengklik link saya (yaitu: http://www.caramenjaditrilyuner.com?id=sanji), lalu jika dia tertarik tapi belum bisa membeli pada saat itu, maka yang akan dia ingat atau dia catat adalah nama websitenya saja (yaitu http://www.caramenjaditrilyuner.com). Kecil sekali kemungkinan bahwa dia akan menambahkan ?id=sanji di belakangnya.

2. Reseller = Bekerja Untuk Orang Lain

Yang saya maksud orang lain di sini bukanlah si pemilik website, melainkan pihak ketiga. Jika ada orang membuka http://www.caramenjaditrilyuner.com atau http://www.caramenjaditrilyuner.com?id= (tanpa menyertakan ID) maka ID akan terisi secara otomatis dengan ID (reseller) milik pihak ketiga.

Pihak ketiga ini bisa berjumlah satu orang, atau beberapa orang yang dipilih secara acak (random). Biasanya yang menjadi pihak ketiga adalah orang dekat si pemilik website, entah itu istrinya atau tukang bikin webnya atau siapapun tergantung si pemilik web, karena dia yang menentukannya.

Seandainya saya mati-matian berpromosi tapi jika yang diingat oleh pengunjung adalah http://www.caramenjaditrilyuner.com, bukankah itu berarti saya mati-matian mempromosikan orang lain, yaitu pihak ketiga?

3. Benarkah ID Reseller Tersimpan Selamanya?

Jika ada seseorang mengunjungi URL saya (yaitu http://www.caramenjaditrilyuner.com?id=sanji), maka ID (username) saya akan tersimpan di komputernya untuk “selamanya” (katanya sih). Jadi jika lain kali komputer itu digunakan untuk membuka http://www.caramenjaditrilyuner.com maka yang terbuka adalah halaman reseller saya, meskipun dia tidak menambahkan ?id=sanji di belakangnya.

Tapi, benarkah ID saya tersimpan selamanya di komputer pengunjung tersebut? Kita tidak tahu pasti!

Bisa saja ID saya tersimpan di (Cookies) komputernya hanya beberapa jam atau beberapa hari, jika web-programmernya membuat demikian. Setelah habis waktunya, akan otomatis berganti menjadi ID pihak ketiga, (ini cuma salah satu kemungkinan lho).

4. Beda Browser = Beda Reseller

Seperti pada kasus nomor tiga di atas, jika pengunjung menggunakan IE (Internet Explorer) untuk membuka URL saya, maka ID saya hanya tersimpan “selamanya” di browser IE-nya saja.

Jika setelah itu dia membuka http://www.caramenjaditrilyuner.com melalui browser Firefox, maka sudah jelas bukan ID saya yang jadi resellernya.

5. Deep Freeze = Pembunuh Reseller

Seperti kasus nomor 3 dan 4 di atas, meskipun ID saya sudah tersimpan di komputer pengunjung dan meskipun dia membuka web http://www.caramenjaditrilyuner.com hanya menggunakan satu macam browser, tapi jika komputernya menggunakan Deepfreeze maka ID saya akan hilang setelah komputernya di-restart.

6. Logo Website Yang Merugikan Reseller

Jika saya melakukan sebuah trik, yaitu membeli domain sendiri (misalnya: akumaumenjadikaya.com) lalu domain itu saya redirect-kan ke URL reseller saya, apakah trik ini cukup bagus?

Jika seseorang membuka website http://akumaumenjadikaya.com maka yang terbuka adalah halaman website http://caramenjaditrilyuner.com?id=sanji. Trik seperti ini memang cukup bagus (kelihatannya sih), tapi akan sangat merugikan jika logo website-nya seperti ini:

sanjisan_caramenjaditrilyuner

Logo website yang “tidak fair” seperti di atas tentu merugikan. Percuma dong saya membeli domain akumaumenjadikaya.com kalau yang dicatat pengunjung adalah caramenjaditrilyuner.com. Karena nama domainnya tertulis secara jelas pada logo website-nya, tentu pengunjung akan melupakan domain saya, akumaumenjadikaya.com.

Pengunjung pasti lebih memilih (lebih percaya) website aslinya.

Ternyata masih banyak website dengan sistem reseller yang menuliskan nama domainnya pada logo website-nya, bahkan ukuran hurufnya dibuat sejelas (sebesar) mungkin. Kalau terjadi seperti ini, siapa yang dirugikan?

Jadi?
Apa pendapat anda tentang sistem reseller yang tidak fair ini?

Original Content by Sanji
cedonulfi_at_yahoo_dot_com


Tanggapan

  1. Iya… sama dengan http://www.pulsa.biz

    Berarti saya anggota untung dong!

  2. wkwkwkwk, setuju bgt bro… program2 reseller emang SAMPAH! ebooknya juga SAMPAH! untung kita ga beli wkwkwk :D

  3. @dzarmono,
    BERANI MASUK?
    |Silahkan Klik SINI|

    Suka main-main sama javascript ya?
    Scripter kan nggak mempan kena begituan ~_~
    BTW, situsnya yang mediabisnis.com broken link tuh!

  4. Wah udah pengalaman ya… Thank’s atas infonya…

  5. wah mas saya mah engga tahu begituan heheheh tapi moga sukses aja lah dan jangan ampe ketipu lho

  6. system gitu toh……., tp kok bisa ya…. dapat bonus ampe jeti-jeti, saya bingung nih mau join ato gak…

  7. emang ada benarnya jg bos tp saia enjoy aja dengan affiliate yang saya ikuti.. tp kan bukan cuma satu affiliate yg saia ikutin namanya jg usaha, bisnis affiliate adalah salah satu celah mendapatkan keuntungan dr ribuan celah yang lain

  8. LIHAT, GABUNG dan SUKSES dengan mudah dan halal di : KLIK Di SINI http://www.dbsforyou.co.cc

    Gratis Pulsa Rp. 90.000,00/hari langsung ke HP anda dan cash Rp. 270.000,00
    hingga Rp.5juta/hari Setiap hari!!!
    Transfer langsung Ke Rekening Anda

    MAU TAU CARANYA ? Gabung di : KLIK Di SINI http://www.dbsforyou.co.cc

    ===========================LIHAT BUKTI KESUKSESAN :

    LIHAT BUKTI KLIK Di SINI!!! (Liputan TVRI)

    UNTUK MENYAKSIKAN LIPUTAN TVRI MENGENAI RAHASIA SUKSES SEORANG SARJANA ITB BERUSIA 24 TAHUN MENEMUKAN CARA MENDAPATKAN UANG MELIMPAH SECARA HALAL DAN MUDAH !!!
    HANYA DENGAN MODAL HANDPHONE DAN INTERNET (Liputan TVRI tanggal 28 Agustus 2008)

    GABUNG DENGAN SAYA MAKA AKAN SAYA KASIH REFFERAL2 BARU TUK DI BAWAH (DOWNLINE) ANDA. SEHINGGA PENDAPATAN ANDA TERUS MENINGKAT SECARA OTOMATIS

    SAYA KASIH BONUS E-BOOK2 MAHAL SECARA GRATISSS..YANG SAYA BELI

    TERTARIK HUBUNGI SAYA DI
    jatilaksono08@gmail.com

    • to : JATILAKSONO
      http://www.dbsforyou.co.cc
      gak usah promosi penipuan disini deh… udah jelas2 YANG BERKEDOK BISNIS DOWNLINE… PASTI PEMBOHONG,,, GW BAKAL PALORIN KALIAN KE POLISI…!!!!
      PENIPU

      • setuju mas …
        terimakasih banyak ats saran yang anda berikan
        jalan menuju sukses itu gak bisa di dapat dengan mudah dengan cara seperti tu…
        like this…

  9. […] Kelemahan Sistem Reseller Pada Bisnis Online […]

  10. Gimana dengan program referal / afiliasi? Kan sama saja menggunakan ?/id…

  11. @ariels,
    ya, sama aja.

    Sama-sama menggunakan variable dan value pada URL, meski nama variablenya berbeda-beda, ada yang ID, REF, USER, dsb. Tapi tetap aja cara kerjanya sama :)

  12. Mas Sanji…, walaupun saya laki2…, saya ingin bilang I LOVE U FOR WHAT U R DOING!!!
    Keep post mas…

  13. […] Tapi kalau pengakuannya “jujur” seperti ini, pasti makin tidak laku. Karena bisa ketahuan kalau bisnis ini ujung-ujungnya selalu Reseller Program. […]

  14. […] Tapi kalau pengakuannya “jujur” seperti ini, pasti makin tidak laku. Karena bisa ketahuan kalau bisnis ini ujung-ujungnya selalu Reseller Program. […]

  15. kalo sy justru pengen bikin program resseler ky diatas, caranya gimana ya mas? mohon pencerahannya. thanks

  16. @andri,
    Coba gunakan script PHP dan database MySQL.

    Pada MySQL, buatlah tabel dengan nama member, isinya adalah: nomor, username, reseller, status, nama, email, tanggal, dan angkaunik.

    Keterangan:

    Username: user ID dari member/pembeli.
    Reseller: username dari upline-nya (yang promosi).

    Status: otomatis terisi “0” (nol) untuk setiap pendaftar, jika sudah kita aktifkan di halaman admin, maka akan berubah menjadi “1” (satu).

    Untuk membuat daftar pembeli, gunakan perintah “SELECT * FROM member WHERE status=’0′”.

    Tanggal: isi dengan tanggal pembelian.
    Angkaunik: 3 digit angka unik untuk transfer bank, misalnya (123): Rp 99.123,-
    Untuk membuatnya, gunakan perintah “$angkaunik=rand(111,999);”. Angka tersebut diacak antara 111 sampai 999.

    Untuk script reseller misalnya http://www.venuz.com?id=dian,
    di halaman utama (index.php) tambahkan script seperti ini:

    <?
    if (empty($id)) {
    $id = "sanji";
    }
    include"config.php";
    $perintahku=mysql_query("SELECT * FROM member WHERE username=’$id’ AND status=’1’");
    $row_l=mysql_fetch_array($perintahku);
    if ($row_l[username] == $id) {
    setcookie("id", "$row_l[username]");
    }
    else
    {
    setcookie("id", "sanji");
    }
    ?>

    Maksudnya:

    Jika id kosong atau tidak ada, maka akan terisi “?id=sanji”, sebagai resellernya.
    Config.php adalah script untuk konek ke database.

    Selanjutnya membuat Cookie “id” berisi username dari reseller itu. Username-nya akan tersimpan di Cookie, selama Cookie tidak dihapus. Bisa juga hilang karena hal-hal tertentu, seperti artikel saya di atas.

    Thanks,

    Sanji

    • makasih banyak bos, ntar mo sy coba.

  17. […] Tapi kalau pengakuannya “jujur” seperti ini, pasti makin tidak laku. Karena bisa ketahuan kalau bisnis ini ujung-ujungnya selalu Reseller Program. […]

  18. wah mas,teman saya pernah ngeklik link affiliasi saya,tapi yg terbuka justru milik orang lain….bgmana solusinya?

  19. TERTARIK HUBUNGI SAYA DI
    jatilaksono08@gmail.com
    gak berani ngasih no tlp rmh or alamat rumah yah??
    hehehe

    “penyedot uang” or “reseller” yg pernah saya baca dalam 12thn ini TIDAK PERNAH BERANI mencantumkan alamat kantor/rumah si PEMILIK web.
    Berani kasih garansi/jaminan ?
    yg buat jaminan apa ???
    toh alamat aja mentok2 cuma email/YM :D
    kalopun ada no tlp/hp pasti gak akan mau menjawab…mentok2 bales SMS doang..hehehe

    saat ini saya sedang menyiapkan program reseller BARANG BENERAN bukan “jual barang MIMPI” lengkap dengan badan hukum dan alamat.
    kl mau mampir ke rumah MONGGO..SILAHKAN

    kl semua udah beres saya akan coba upload di blog ini…kl mas sanji mengijinkan :D

  20. thank banget atas informasinya.ternyata ada benarnya juga kalau dipahami secara lebih detail.

  21. Mas model gitu kalau dibilang tipu mungkin 50 %, artinya yg user idnya itu memang 100 % orang yang sama. coba aja bolak-balik ganti kompie maupun ganti warnet jika dibuka tanpa user id , pasti sponsorrnya nama yg sama.BTW saya juga niat buka reseller namun yg 100 % halal artinya jual produk bener ( bukan jual mimpi ) juga random usernya bener, jadi jangan semua disamakan mass, nanti bisnis saya ambruk juga….he..he

  22. Jadi, kalau boleh tau bisnis online yg seperti apa yg cocok? Mohon mas,om,bapak kasih saran, sebelum ane terjun. TeriMakasih

    • Untuk calon founder, buatlah bisnis online yg menawarkan barang/produk atau jasa yg bnr2 bermanfaat bagi orang lain, dan tidak ada unsur2 bohongnya.

      Contoh:

      1. Jual barang: buku, baju, komputer, kerajinan, dll.
      2. Jual produk digital: software, game, audio/video, dll.
      3. Jasa/servis: domain, web hosting, ISP, dll.

      Yang mengelola sebaiknya lebih dari 1 orang, karena jika pengelolanya cm 1 dan terjadi apa2 padanya (misal: sakit/mati), maka akan merugikan konsumen.

      Sistemnya jg harus jelas, tidak ada yg samar2/tersembunyi bagi konsumen.

      Konsumen di sini bukanlah orang yg hanya membayar uang lalu mencarikan konsumen (downline), ini bukan sistem piramid, yang akan mencari dowline di luar angkasa jika penduduk bumi sudah daftar semua.

      Semoga bisa menjadi masukan.
      Terima kasih.

  23. weleh..weleh.weleh..untung baca blog ini..
    ya memang bener kita yang mati matian cari pembeli, ee… selanjutnya yg pynya website yang melobinya.. alias kalo calon pembeli kita ragu2 beli dari kita, langsung dicaplok sama yg pny website sialan ini.. jadi buat apa kita bikin kaya orang lain dan kitanya jadi bego kaya keledai yang mau dibodo bodoin..hahahaa.. intinya kalo mo kaya ya bekerja keras dong.. salut buat mas sanji.!!! terus ungkap kebobrokan2 bisnis online..anda layak dapat penghargaan!!! salal kenal.!!

  24. Trim’s atas pencerahan mas tentang bisnis reseller atau affiliate yg ternyata memang hanya menguntungkan penggelola,apalagi program affiliate gratis amit2 benar2 tdk masuk akal.Saya jadi hati-hati memilih bisnis di internet.

  25. agree…..
    mesti lebih jeli para netter…
    Thx 4 posting…

  26. Benar sekali, banyak yg terjebak tanpa analisa seperti yg telah dipaparkan di atas…

    Terimakasih.

  27. makasih banyak. sy jd banyak belajar..
    kalo http://www.cyber2012.com penipuan bukan mas?
    trims

  28. uedan…… kaya gini nih yang namanya postingan. berbobot lah! trus saya mau nanya nih tentang http://www.internetsukses.com

  29. Postingan yg berbobot. Good job bro..

  30. mau nanya juga nih.. klo di web penghasil rupiah biasanya selalu ada pembuktian orang2 yg sudah berhasil mendapat jutaan dan di lihat rekeningnya.. apa itu penipuan saja atau bgaimana ? :)

  31. KK sanjisan boleh kan klo aq memposting postingan kk ke blog ku

  32. untung saya ga jadi…hampir hampir aj saya jadi korban yang kesekian..hmmm….kalopun sebelum’a saya ga da habis2’a ngi-mail ke asetvrtual.com to tnya kejelasan’a..sekarang udah terjwab…maksih…amal mu sudahdi catat sanjisan…! ok thks..

  33. thanks bro buat infonya, kebetulan saya juga ikutan sistem reseller ,memang belum dapat hasil setidaknya saya walaupun ga dapat uangnya tapi dapat ilmunya dari gaptek sekarang jadi lebih ngerti cara buat website dan ilmu bisnis online….

  34. hehhehe.. mantap boss..

    tapi udah kadung daftar di investasibca.com untung cuma 10 rb.. krn 10 rb saya daftar kalo gak segitu gak lah yauw..

    saya rencana mau buat program reseller,tapi untuk memasarkan usaha saya..sperti jual kanebo, pulsa, jasa pasang iklan (www.iklan-medan.co.cc),lukisan antik (kalo ada yang memasarkan ini dan laku saya kasih langsung feenya 500 rb) tapi saya sedang belajar buat webnya.. maklum maseh newbie… :)

    ok deh segitu aja dulu.. prinsipnya utamakan kejujuran kalo berbisnis. online maupun offline..

    salam kenal

    ofy gafari
    arieee.wordpress.com
    iklan-medan.co.cc

  35. keren mas,, ini baru share,, trus ak sbgai pemula sbnar.a penasaran neh,, apa memang bener ada cara dapat uang dgn perklik pada blog,, mohon share.a mas,, bravo 4 this site

  36. mantaffff…… ayo jualan yg jelas saja dan bermanfaat!!!

  37. nambahin mas, yg paling tidak fair lagi, pemilik sistem resellernya ada yg bikin pengumuman,kalau beli lansung (tidak lewat member) akan dikembalikan uangnya 10 %, atau sekian persen utk sedekah.. ya gak bakalan dapat pembeli kalau yg begini ini.. (gak usah disebutin lah nama sistem resellernya)

  38. wah, luar biasa isi forum ini, membuat kita harus lbh wapada terhadap iklan2 para mafia internet. btw, sy mau tanya kl hondajazzonline.com itu termasuk scam ngga ya ? sy sih udah join dan udah mendapatkan hasilnya, walau blm berupa mobil. takutnya, ntar jaringan sy udah besar…ee…pemiliknya kabur…???:( kl modal sih udah balik, hanya kasihan aja pd grup sy yg udah kerja keras (walau udah balik modal). thx.

  39. oya, satu lagi jgn gabung dgn cetakjutawan.com ==> sama aja dgn yg lain. join 60rb, tp buntutnya hrs bikin website 110rb. belum lg hrs keluar biaya utk promosi. garansi uang kembali berlaku kl web yg kita iklankan udah di-klik 10000 x. dgn biaya / klik, misalnya 250, artinya kita hrs keluar duit 2,5jt.. , betul gak sih hitungan ini ?

  40. Thanks atas infonya Gan. Perlu banyak belajar ni sama agan.

  41. […] Bisnis tsb akan sangat merugikan anda, baca di sini: https://sanjisan.wordpress.com/2009/03/14/kelemahan-sistem-reseller-pada-bisnis-online/ […]

  42. PETA BISNIS situs penipu… kualat dunia akherat. Pakai uang saya gak akan berkah…

  43. bisnis online yang bermartabat aja deh…

    nie nipu kalo cm jual member doang

  44. mantappp Bos infonya…,

  45. mastkust,sadiiiiiiiiiiiiiiiiiis mantaep bosss.biarkapok orang2 kayak gitu,

  46. Mantap :)

  47. MAAAAAAANNNNNNNTTTTTTTTAAAAAAAAFFFFFFFFFFFFFF


Tinggalkan komentar

Kategori